A. Membuka Program Adobe Ilustrator
Anda dapat membuka program adobe ilustrator dengan beberapa cara, diantaranya adalah :
- Klik Start > Adobe Master Collection > Adobe Ilustrator hingga tampil lembar kerja Adobe Ilustrator.
- Doble Klik ikon program adobe ilustrator pada desktop anda, dengan catatan anda sudah mengcopy shortcut program Adobe Ilustrator pada layar desktop.
B. Membuat Dokumen Baru
Untuk Memulai membuat sebuah desain, terlebih dahulu harus membuka lembar kerja atau dokumen baru. Langkah untuk membuat dokumen baru adalah :
- Klik File > New atau Ctrl+N sehingga tampil kontak dialog New Document.
- Atur perintah-perintah didalam kotak dialog tersebut. berikut ini keterangan keterangan perintah dalam kotak dialog diatas.
- Name, untuk memberi nama dokumen.
- Profile, untuk memilih ukuran halaman yang telah tersedia.
- Number of Artboard, untuk menentukan jumlah halaman pada dokumen.
- Spacing, untuk menentukan jarak spasi antar halaman
- Columns, untuk menentukan jumlah tampilan baris.
- Size, untuk menentukan ukuran dokumen standar.
- Width dan Height, untuk menentukan lebar dan tinggi halaman.
- Orentation, untuk menentukan orientasi cetak dokumen dengan pilihan secara vertikal atau horizontal
- Bleed, untuk mengatur margin pada halaman, aktifkan tombol Make all setting the same untuk menyamakan nilai margin.
3. Klik tombol Advance untuk mengatur pilihan perintah yang lain :
- Collor Mode, untuk menentukan mode warna pada dokumen, yaitu dengan pilihan CMYK (Cyan - Magenta - Yellow - Black ) dan RGB (Red-Green-Blue)
- Raster Effect, untuk menentukan resolusi efek pada dokumen, gunakan pilihan High jika anda ingin mencetak hasil desain anda ke printer dengan resolusi tinggi.
- Preview Mode, pilihan ini hanya berfungsi untuk menetukan mode tampilan dokumen dalam lembar kerja adobe ilustrator
Setelah semua perintah ditentukan, klik tombol OK untuk membuka dokumen
No comments:
Post a Comment